RPP ELEKTRONIKA KELAS VIII

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP 1 )

Nama Sekolah                  : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran                 : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester               : VIII / 1 ( ganjil )
Standart Kompetensi        : 1.     Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar            : 1.1   Memahami macam-macam dan fungsi transformator
                                                Beserta prinsip kerja transformator
Indikator        :
Menjelaskan pengertian Transformator
Menjelaskan bahan-bahan Transformator
Menjelaskan macam-masam Transfomator
Menunjukan simbul-simbul Transformator
Alokasi Waktu    : 8 jam

G.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
Mampu : mejelaskan , memahami komponen transformator

H.    Materi Pembelajaran
Pengertian komponen transformator
Pemahaman Jenis komponen transformator
Pemahaman Fungsi komponen transformator

I.       Metode Pembelajaran
         Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

J.      Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.      Pendahuluan:
a.      Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.      Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.      Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

K.    Sumber Belajar
1       www.elka18.co.nr
2       Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
3      Vademekum Elektronika

L.     Penilaian
1.         Jenis tagihan            : Tes Tertulis
2.         Bentuk Instrumen    : Tes uraian
3.         Soal / instrumen.      :

a.     Jelaskan prinsip kerja transistor ?
b.     Bila tegangan sumber adalah 5 v, Vbe=0,7v, jika arus yang melewati Rb adalah 1mA hitung 
        nilai tahanan Rb?
c.     Bila tegangan sumber adalah 6 v, Vce=1/2 Vcc, jika arus yang melewati Rc adalah 2 mA   
        hitung nilai tahanan Rc?
d.    Gambarkanlah symbol transistor npn?




Mengetahui,                                                                                Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman                                                             Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes                                                                   Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           






RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP 2 )

Nama Sekolah              : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran             : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester           : VII / II ( ganjil )
Standart Kompetensi    : 1.    Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar        : 1.2  Mengerjakan Proyek membuat Sumberdaya Adaptor dengan
         mengaplikasikan skema rangkaian sumber daya adaptor ke papan  
         PCB
Indikator        :
Membaca skema dengan benar
Memilih komponen dengan benar
Merangkai komponen dengan benar
Menyolder dengan benar
Rangkaian dapat bekerja dengan benar
Alokasi Waktu    : 8 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : membuat rangkaian yang dapat bekerja dengan baik

B.     Materi Pembelajaran
Membuat Sumber daya Adaptor

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.      Pendahuluan:
a.      Salam
b.      Pengabsenan
c.      Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.      Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa
b.      Guru menerangkan
c.      Siswa merangkai dan membuat alat tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.       Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
www.elka18.co.nr
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronika

F.     Penilaian
Jenis tagihan            : Tes Tertulis & Tes Lisa
Bentuk Instrumen    : Tes uraian & Praktik
Soal / instrumen.      :

Jelaskan prinsip kerja adaptor?
Sebutkan komponen apa saja yang dibutuhkan didalam pembuatan sumber daya adaptor?






Mengetahui,                                                                                   Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman                                                                Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes                                                                       Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           







RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP 3 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VIII / 2 ( genap )
Standart Kompetensi    : 2.     Membuat Rangkaian Dasar Audio Amplifier
Kompetensi Dasar      : 2.1     Mengerjakan Proyek membuat Power Amplifier Mono dengan
            mengaplikasikan skema rangkaian Power Amplifier Mono ke 
            papan PCB
Indikator        :
Membaca skema dengan benar
Memilih komponen dengan benar
Merangkai komponen dengan benar
Menyolder dengan benar
Rangkaian dapat bekerja dengan benar
Alokasi Waktu    : 8 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
Mampu : membuat rangkaian yang dapat bekerja dengan baik

B.     Materi Pembelajaran
Membuat Power Amplifier Mono
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa merangkai dan membuat alat tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
 www.elka18.co.nr
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronika


F.     Penilaian
Jenis tagihan        : Tes Tertulis & Tes Lisan
Bentuk Instrumen        : Tes uraian & Praktik
3.      Soal / instrumen.    :
Jelaskan prinsip kerja rangkaian Power Amplifier Mono?
Sebutkan komponen apa saja yang dibutuhkan didalam pembuatan Power Amplifier Mono?
Membaca skema rangkaian penguat pada  Power Amplifier Mono?







Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP 4 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VIII / 2 ( genap )
Standart Kompetensi    : 2.     Membuat Rangkaian Dasar Audio Amplifier
Kompetensi Dasar      : 2.2     Mengerjakan Proyek membuat Power Amplifier Stereo dengan mengaplikasikan skema rangkaian Power Amplifier Stereo ke papan PCB
Indikator        :
Membaca skema dengan benar
Memilih komponen dengan benar
Merangkai komponen dengan benar
Menyolder dengan benar
Rangkaian dapat bekerja dengan benar
Alokasi Waktu    : 8 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : membuat rangkaian yang dapat bekerja dengan baik

Metode Pembelajaran
Membuat Power Amplifier Stereo

B.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
d.      Salam
e.       Pengabsenan
f.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
e.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa
f.       Guru menerangkan
g.      Siswa merangkai dan membuat alat tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
h.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
d.      Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
e.       Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
f.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
1.      www.elka18.co.nr
2.      Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
3.      Vademekum Elektronika



F.     Penilaian
1.      Jenis tagihan        : Tes Tertulis & Tes Lisan
2.      Bentuk Instrumen    : Tes uraian & Praktik
3.      Soal / instrumen.    :

1.      Jelaskan prinsip kerja rangkaian Power Amplifier Stereo?
2.      Sebutkan komponen apa saja yang dibutuhkan didalam pembuatan Power Amplifier Stereo?
3.      Membaca skema rangkaian pada Power Amplifier Stereo?




Mengetahui,                                                                            Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman                                                         Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes                                                               Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Pembelajaran Fiqih MA

RPP dan Silabus berkarakter SD/MI kelas 1-6