Kerajinan Serat Dari bahan alam

 Pengertian kerajinan bahan serat alam adalah sebuah karya maupun sbeuah bentuk dari desain yang dimana menggunakan tangan yang dimana kita sendiri akan menggunakan bahan yang dimana berasal dari serat alam

Salah satu bahan yang dapat kita manfaatkan dalam pembuatan kerajinan tangan yaitu dari serat alam. Kerajinan dari bahan serat alam mempunyai nilai keindahan dan keunikannya tersendiri.

Selain itu, berbagai produk yang dihasilkan dari serat alam ini tentunya memiliki nilai jualnya tersendiri. Sehingga jangan heran, bila hasil yang diperoleh pun dapat membuat Anda menjadi geleng-geleng kepala.

Apalagi para pengrajin Indonesia itu dalam membuat karya seni dengan menggunakan keterampilan dari tangan mereka sendiri. Jadi tidak hanya melulu mengandalkan mesin saja. Kemudian di setiap daerah juga memiliki kerajinan lokal, sehingga menjadi produk unggulan daerah tersebut.

Sebelum itu mari kita mengenal, apa sih pengertian serat alam itu? Maka untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya hingga akhir!

 Pengertian Serat Alam

Serat merupakan suatu bahan gabungan dari berbagai potongan komponen kecil yang terbentuk hingga menjadi jaringan memanjang utuh. Yang kemudian diproduksi oleh hewan, tumbuh-tumbuhan dan benda mati.

Serat lebih sering digunakan manusia untuk membuat berbagai macam hal mulai dari membuat tali, kain, kertas ataupun kerajinan tangan.

Beda halnya dengan serat sintetis, serat ini juga bisa mengalami pelapukan. Serat alam memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Serat tumbuhan (serat pangan), biasanya tersusun atas hemiselulosa, selulosa dan mengandung lignin. Misalnya kain rami dan katun. Serat ini bisa digunakan sebagai bahan dalam pembuatan tekstil dan kertas serta penting juga bagi nutrisi manusia.
  • Serat hewan, pada umumnya tersusun  dari protein tertentu. Misalnya serat dari bulu domba (wol), ulat (sutra).
  • Serat kayu, berasal dari batang tumbuhan berkayu.
  • Serat mineral, pada umumnya dibuat dari abestos. Abestos adalah salah satu jenis mineral secara alami terletak dalam bentuk jaringan Panjang.

Dari contoh jenis serat di atas akan bisa menghasilkan sebuah karya seni berupa benda maupun hiasan seni hingga menjadi barang yang layak untuk dipergunakan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Pembelajaran Fiqih MA

RPP dan Silabus berkarakter SD/MI kelas 1-6