RPP ELEKTRONIKA KELAS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP I )
Satuan Pendidikan    :     MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    :     Elektronika
Kelas / semester    :     VII / gasal
Standar Kompetensi    : 1.    Menerapkan KaryaTeknologi elektronika sederhana dalam kehidupan 
              sehari – hari.
Kompetensi Dasar    : 1.1     Mendiskripsikan konsep dasar Listrik.
Indikator    :    1. Menjelaskan Pengertian Molekul dan Atom.
        2. menyebutkan bagian – bagian atom dan muatannya.
        3. Membedakan berbagaimacam bahan berdasarkan sifat Kelistrikannya.
        4. mengidentifikasikan gejala Listrik.
Alokasi Waktu    :    6 Jam
A.    Tujuan Pembelajaran.
    1.    Pebelajar dapat menjelaskan pengertianSenyawa, molekul, dan atom.
    2.    Pebelajar dapat menyebutkan jenis muatan proton, neutron, dan electron.
    3.    Pebelajar dapat menyebutkan benda – benda yang tergolong Konduktor, semi konduktor, dan Isolator.
    4.    Pebelajar dapat menjelaskan macam – macam perubahan Energi Listrik menjadi Energi bentuk lain.

B.    Materi Ajar.
    1.    Teori electron
    2.    Benda listrik.
    3.    GejalaListrik.

C.    Metode Pembelajaran.
    Metode    :    Observasi, Tanya jawab, diskusi, pemodelan.
    Model    :    CTL.
D.    langkah – langkah Pembelajaran.


Pertemuan    Kegiatan Pembelajaran    Kegiatan Guru    AlokasiWaktu      
Pertemuan Ke-1    1. Pendahuluan.    Ø Menyapa Pebelajar dengan salam
Ø Memotivasi Pebelajar
Ø Mengaitkan materi belajar hari ini dengan materi sebelumnya.
Ø Menyampaikan tujuan Pembelajaran.    5 Menit      
     2. Kegiatan Inti    Ø Memaparkan materi Teori Elektron.
Ø Mengajak Pebelajar untuk bertanya jawab dan diskusi
Ø Menyimpulkan hasil Pembelajaran    55 Menit      
     3. Penutup    Ø Memberikan Evaluasi dan system penilaiannya.
Ø Menyampaikan Judul materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Ø Menutup Pelajaran dengan salam.    20 Menit      
Pertemuan Ke-2    1. Pendahuluan.    Ø Menyapa Pebelajar dengan salam
Ø Memotivasi Pebelajar
Ø Mengaitkan materi belajar hari ini dengan materi sebelumnya.
Ø Menyampaikan tujuan Pembelajaran.    5 Menit      
     2. Kegiatan Inti    Ø Memaparkan materi Benda Listrik.
Ø Menunjukan contoh Benda Konduktor, Semi Konduktor, dan Isolator.
Ø Mengajak Pebelajar untuk bertanya jawab dan diskusi
Ø Menyimpulkan hasil Pembelajaran    55 Menit      
     3. Penutup    Ø Memberikan Evaluasi dan system penilaiannya.
Ø Menyampaikan Judul materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Ø Menutup Pelajaran dengan salam.    20 Menit      
Pertemuan Ke-3    1. Pendahuluan.    Ø Menyapa Pebelajar dengan salam
Ø Memotivasi Pebelajar
Ø Mengaitkan materi belajar hari ini dengan materi sebelumnya.
Ø Menyampaikan tujuan Pembelajaran.    5 Menit      
     2. Kegiatan Inti    Ø Memaparkan materi Gejala Listrik.
Ø Mengajak Pebelajar untuk bertanya jawab dan diskusi
Ø Menyimpulkan hasil Pembelajaran    55 Menit      
     3. Penutup    Ø Memberikan Evaluasi dan system penilaiannya.
Ø Menyampaikan Judul materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Ø Menutup Pelajaran dengan salam.    20 Menit   

E.    Alat dan Sumber Belajar.
Alat            :    White board, Spidol, Perangkat Pembelajaran
Media            :    Kabel, Dioda, Transistor, Isolasi Kabel.
Sumber Belajar    :    Buku Elektronika Untuk SMP / MTs Kelas VII Semester 1.

F.    Penilaian
Teknik                :    Tes Tertulis.
Bentuk Instrumen    :    Tes essay
Instrumen                :
Ø Soal Pertemuan 1
Jawablah Pertanyaan – pertanyaan berikut dengan singkat dan benar.
Jelaskan Pengertian Unsur
Jelaskan Pengertian Molekul.
Jelaskan Pengertian Atom
Apa yang dimaksud dengan Atom Positif
Apa yang dimaksud dengan Atom Negatif.
   



    Penskoran

No. Soal    Skor Tiap Soal    bobot    Skor Maksimal      
     Lengkap    Kurang Lengkap    Tidak lengkap                
1    5    3    1    4    20      
2    5    3    1    4    20      
3    5    3    1    4    20      
4    5    3    1    4    20      
5    5    3    1    4    20      
Jumlah Skor Maksimal    100   
    Nilai Perolehan

Nilai Akhir = Jumlah ( Skor Tiap Soal dikalikan dengan bobot)   
   
    Kunci Jawaban
Unsur adalah bahan yang terdiri dari satu Jenis Atom.
Molekul adalah zat yang sangat kecil yang masih memiliki sifat fisis dan kimia seperti zat asal molekul tersebut.
Atom adalah zat yang sangat kecil yang sudah tidak memiliki zat asal, baik sifat fisis maupun kimia.
Atom positif adalah atom yang kekurangan electron.
Atom negative adalah atom yang kelebihan Elektron.
    Ø Soal Pertemuan 2.
    Jawablah Pertanyaan – pertanyaan berikut dengan Singkat dan benar.
Jelaskan Pengertian Konduktor.
Jelaskan Pengertian Semi Konduktor.
Jelaskan Pengertian Isolator.
Berilah 3 contoh Benda Konduktor.
Berilah 3 contoh benda Isolator.
   
    Penskoran

No. Soal    Skor Tiap Soal    bobot    Skor Maksimal      
     Lengkap    Kurang Lengkap    Tidak lengkap                
1    5    3    1    4    20      
2    5    3    1    4    20      
3    5    3    1    4    20      
4    5    3    1    4    20      
5    5    3    1    4    20      
Jumlah Skor Maksimal    100   
    Nilai Perolehan

Nilai Akhir = Jumlah ( Skor Tiap Soal dikalikan dengan bobot)   
    Kunci Jawaban.
Konduktor adalah benda yang sangat mudah dilalui oleh arus Listrik.
Semi Konduktor adalah benda yang sulit dilalui oleh arus listrik. Tetepi pada suhu tertentu akan mudah dilalui oleh arus Listrik.
Isolator adah benda yang tidak dapat dilalui oleh arus Listrik
4. 3 contoh benda konduktor ; Tembaga, Kuningan, Aluminium.
5. 3 contoh benda Isolator : Karet, plastic, Mika.

Ø Soal Pertemuan 3
Jawablah Pertanyaan – pertanyaan berikut dengan Singkat dan benar.
1. Sebutkan 4 Perubahan Energi Listrik.
2. Sebutkan 3 contoh benda berputar yang digerakan oleh tenaga Listrik
3. Sebutkan 2 contoh perubahan Energi Listrik menjadi Energi Kimia.
4. Sebutkan 2 contoh perubahan Energi Listrik menjadi Energi Panas.
5. Sebutkan 2 contoh perubahan Energi Lisrik menjadi Energi cahaya.
Penskoran

No. Soal    Skor Tiap Soal    bobot    Skor Maksimal      
     Lengkap    Kurang Lengkap    Tidak lengkap                
1    8    6    1    5    40      
2    6    4    1    4    24      
3    4    2    1    3    12      
4    4    2    1    3    12      
5    4    2    1    3    12      
Jumlah Skor Maksimal    100   
    Nilai Perolehan

Nilai Akhir = Jumlah ( Skor Tiap Soal dikalikan dengan bobot)   
Kunci Jawaban
1. Energi listrik dapat berubah menjadi Energi Mekanik, Cahaya, Panas, dan Kimia.
2. Kipas angin, pompa air, Blender.
3. Penyepuhan Logam, pengisia Aki.
4. Solder Listrik, kompor Listrik.
5. Lampu, Kilat.




Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes                       Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           











RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 2 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / 1 ( ganjil )
Standart Kompetensi    :2.     Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi dasar    :2.1   Mendiskripsikan kode warna pada badan resistor dan 
         menganalisarangkaian resistor seri pararel Indikator:
   
Indikator
Menjelaskan pengertian Resistor
Menjelaskan warna Resistor
Menjelaskan fungsi Resistor
Menghitung nilai Resistor
Menunjukan simbol resistor
Alokasi Waktu    : 4 jam
A.     Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : menjelaskan, memahami komponen resistor

B.     Materi Pembelajaran
Pengertian komponen pasif resistor
Pemahaman Jenis komponen pasif resistor
Pemahaman Fungsi komponen pasif resistor
C.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.
D.   Langkah langkah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Guru mengaitkan materi yang dipelajari dengan pengetahuan awal siswa
b.      Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar
c.       Guru mengingatkan siswa pada materi prasyarat; misal: hubungan resistor dengan tegangan listrik dan arus

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelampok yang masing–masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronika
www.elka18.co.nr

F.     Penilaian
1.      Jenis tagihan        : Tes Tertulis
2.      Bentuk Instrumen    : Tes uraian
3.      Soal / instrumen.    :

a.       Gambarkan simbol Resistor ?
b.      Apa Kegunaan resistor ?
c.       Gambarkan sismbol resistor ?
d.      Hitung nilai resistor yang memiliki cincin warna merah,merah,coklat,emas ?













Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                      
                      
                      
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001               




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 3 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / 1 ( ganjil )
Standart Kompetensi    : 2.     Memahami Komponen-komponen Elektronika
: 1.2     Kompetensi dasar       : 2.2     Mendiskripsikan kode warna pada badan kapasitor dan
                                      menganalisa rangkaian kapasitor seri pararel
Indikator        :
Menjelaskan pengertian kapasitor
Menjelaskan warna kapasitor
Menjelaskan fungsi kapasitor
Menghitung nilai kapasitor
Menunjukan simbol kapasitor
Alokasi Waktu    : 4 jam
A.     Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : mejelaskan , memahami komponen kapasitor
B.     Materi Pembelajaran
Pengertian komponen pasif kapasitor
Pemahaman Jenis komponen pasif kapasitor
Pemahaman Fungsi komponen pasif kapasitor
C.   Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.
D.   Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran



No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelampok yang masing –masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.   Sumber Belajar
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronila
www.elka18.co.nr

F.   Penilaian
1.      Jenis tagihan    : Tes Tertulis
2.      Bentuk Instrumen    : Tes uraian
3.      Soal / instrumen.    :
a.       Gambarkan simbol kapasitor ?
b.      Apa Kegunaan kapasitor ?
c.       Gambarkan sismbol kapasitor ?
d.      Hitung nilai kapasitor jika badan kapasitor memiliki kode 102?







Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 4 )


Nama Sekolah            : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran        : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester        : VII / 1 ( ganjil )
Standart Kompetensi            : 2.    Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar        : 2.3     Memahami fungsi dan macam-macam dioda beserta
                                                            prinsip kerja dioda
Indikator            :
Menjelaskan pengertian dioda
Menjelaskan fungsi dioda
Menyebutkan jenis-jenis dioda
Menunjukan simbul-simbul Dioda
Menjelaskan prinsip kerja Dioda
Alokasi Waktu    : 4 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : mejelaskan , memahami komponen dioda

B.     Materi Pembelajaran
Pengertian komponen dioda
Pemahaman Jenis komponen dioda
Pemahaman Fungsi komponen dioda

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
Vademekum Elektronika
www.elka18.co.nr
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita

F.     Penilaian
Jenis tagihan    : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen    : Tes uraian
Soal / instrumen.    :

Gambarkan simbol dioda zener ?
Apa Kegunaan dioda ?
Berapa tegangan jatuh dioda?
Bagaimana prinsip kerja dioda?




Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 5 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / 1 ( ganjil )
Standart Kompetensi    : 2.    Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar      : 2.4     Memahami macam-macam dan fungsi transistor serta
        menganalisa rangkaian sederhana transistor
Indikator        :
Menjelaskan bentuk-bentuk Transistor
Menjelaskan kegunaan
Menunjukkan kaki Basis,Colector dan Emitor
Menjelaskan prinsip kerja transistor
Menghitung rangkaian sederhana transistor
Alokasi Waktu    : 4 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : mejelaskan , memahami komponen transistor

B.     Materi Pembelajaran
Pengertian komponen transistor
Pemahaman Jenis komponen transistor
Pemahaman Fungsi komponen transistor

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
www.elka18.co.nr
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronika

F.     Penilaian
1.      Jenis tagihan    : Tes Tertulis
2.      Bentuk Instrumen    : Tes uraian
3.      Soal / instrumen.    :

a.       Jelaskan prinsip kerja transistor ?
b.      Bila tegangan sumber adalah 5 v, Vbe=0,7v, jika arus yang melewati Rb adalah 1mA hitung nilai tahanan Rb?
c.       Bila tegangan sumber adalah 6 v, Vce=1/2 Vcc, jika arus yang melewati Rc adalah 2 mA hitung nilai tahanan Rc?
d.      Gambarkanlah symbol transistor npn?






Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 1 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / II ( genap )
Standart Kompetensi    : 2.     Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar      : 2.5     Memahami macam-macam dan fungsi transformator
        Beserta prinsip kerja transformator
Indikator        :
Menjelaskan pengertian Transformator
Menjelaskan bahan-bahan Transformator
Menjelaskan macam-masam Transfomator
Menunjukan simbul-simbul Transformator
Alokasi Waktu    : 4 jam

G.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : mejelaskan , memahami komponen transformator

H.    Materi Pembelajaran
Pengertian komponen transformator
Pemahaman Jenis komponen transformator
Pemahaman Fungsi komponen transformator

I.       Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

J.      Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 3 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa membuat resume tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

K.    Sumber Belajar
1       www.elka18.co.nr
2       Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
3      Vademekum Elektronika

L.     Penilaian
1.         Jenis tagihan    : Tes Tertulis
2.         Bentuk Instrumen    : Tes uraian
3.         Soal / instrumen.    :

a.     Jelaskan prinsip kerja transistor ?
b.     Bila tegangan sumber adalah 5 v, Vbe=0,7v, jika arus yang melewati Rb adalah 1mA hitung nilai tahanan Rb?
c.     Bila tegangan sumber adalah 6 v, Vce=1/2 Vcc, jika arus yang melewati Rc adalah 2 mA hitung nilai tahanan Rc?
d.    Gambarkanlah symbol transistor npn?




Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           







RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 6 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / II ( genap )
Standart Kompetensi    : 2.    Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar      : 2.6  Mengerjakan Proyek membuat Lampu kedip (flip-flop) dengan
         mengaplikasikan skema rangkaian Lampu kedip (flip-flop) ke papan PCB
Indikator        :
Membaca skema dengan benar
Memilih komponen dengan benar
Merangkai komponen dengan benar
Menyolder dengan benar
Rangkaian dapat bekerja dengan benar
Alokasi Waktu    : 4 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
Mampu : membuat rangkaian yang dapat bekerja dengan baik

B.     Materi Pembelajaran
Membuat Lampu Kedip (flip-flop)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa merangkai dan membuat alat tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
1       www.elka18.co.nr
2        Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
3       Vademekum Elektronika

F.     Penilaian
1      Jenis tagihan        : Tes Tertulis & Tes Lisan
2      Bentuk Instrumen        : Tes uraian & Praktik
3      Soal / instrumen.        :

a.    Jelaskan prinsip kerja rangkaian flip-flop?
b.    Sebutkan komponen apa saja yang dibutuhkan didalam pembuatan lampu kedip (flip-flop)?





Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           







RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN( RPP 7 )

Nama Sekolah        : MTs Nurul Iman
Mata Pelajaran    : Ketrampilan Elektro
Kelas / Semester    : VII / II ( genap )
Standart Kompetensi    : 2.     Memahami Komponen-komponen Elektronika
Kompetensi Dasar      : 2.7         Mengerjakan Proyek membuat Bel 3 Nada denganmengaplikasikan
            skema rangkaian Bel 3 Nada ke papan PCB
Indikator        :
Membaca skema dengan benar
Memilih komponen dengan benar
Merangkai komponen dengan benar
Menyolder dengan benar
Rangkaian dapat bekerja dengan benar
Alokasi Waktu    : 4 jam

A.    Tujuan Pembelajaran .
Setelah Selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1. Mampu : membuat rangkaian yang dapat bekerja dengan baik

B.     Materi Pembelajaran
Membuat Bel 3 Nada

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi tanya jawab , penugasan.

D.    Langkah langlah kegiatan dan pembelajaran


No    Pertemuan    Kegiatan Belajar    Waktu    Ket      
1.





2.







3.        Pendahuluan:
a.       Salam
b.      Pengabsenan
c.       Memberi informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan inti:
a.       Siswa membentuk kelompok yang masing–masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa
b.      Guru menerangkan
c.       Siswa merangkai dan membuat alat tentang materi yang tertera pada kompeternsi dasar.
d.      Mengerjakan lembar kerja

Kegiatan penutup:
a.       Siswa membuat kesimpulan yang dibantu oleh guru.
b.      Mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c.       Pemberian tugas PR.            

E.     Sumber Belajar
www.elka18.co.nr
Elektronika Praktis PT .Pradnya Paramita
Vademekum Elektronika

F.     Penilaian
Jenis tagihan        : Tes Tertulis & Tes Lisan
Bentuk Instrumen    : Tes uraian & Praktik
Soal / instrumen.    :

a.       Jelaskan prinsip kerja rangkaian bel 3 nada?
b.      Sebutkan komponen apa saja yang dibutuhkan didalam pembuatan bel 3 nada?



Mengetahui,        Cimahi Juli 2012         
Kepala MTs Nurul Iman        Guru Mata Pelajaran      
                  
                  
                  
Drs.E.Kosasih Uwes        Elan, S.Pd.I      
NIP:195611121978031001           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Pembelajaran Fiqih MA

RPP dan Silabus berkarakter SD/MI kelas 1-6